WORKSHOP PENCATATAN DAN PELAPORAN SURVEILANS PD3I

Workshop pencatatan dan pelaporan surveilans PD3I di laksanakan di Aula Germas Dinas Kesehatan, dengan Narasumber dari Dinkes DIY dan Peminatan SIMKES Prodi S2 IKM, UGM. Untuk peserta berasal dari  30 petugas surveilans puskesmas dan petugas rekam medik 6 Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Pada kesempatan tersebut narasumber Trisno Agung Wibowo, SKM, M.Kes menyampaikan materi tentang Analisis situasi surveialans serta upaya pencapaian kinerja di DIY.  Beliau menyampaikan tentang penyakit yang perlu diwaspadai yaitu penyakit menular, diantaranya penyakit berbasis lingkungan, penyakit PD3I, Penyakit emerging (Antraks, Rabies, JE, Hantavirus) dan DBD serta penyakit tidak menular (PTM) diantaranya Hipertensi dan DM.

Kemudian narasumber dari UGM, dr. Sari Rahmawati Kusuma Dewi menyampaikan materi tentang web PD3i.org. semua kasus yang berkaitan dengan dengan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) wajib dimasukkan ke web PD3i.org. penyakit yang termasuk PD3i yang bias dimasukkan ke web diantaranya adalah campak,AFP, Tetanus Neonatorum, difteri.

 

Tumiat, SKM

tumiattomy@yahoo.co.id

Petugas Surveilans kabupaten

128total visits,1visits today