TAMAN KOTA KEBUN PELEM PASTIKAN TERSERTIFIKASI DENGAN PERINGKAT RBRA TANPA PERBAIKAN

Tadi pagi (10/10/2019) di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM&D) diumumkan bahwa Taman Kota Kebun Pelem (TKKP) Wonosari berhak mendapatkan Sertifikasi dengan peringkat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Tanpa Perbaikan, yaitu peringkat terbaik dari tingkatan yang ada dengan nilai/skor 411. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Penilai dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Joko Santoso yang selama 3 hari ini melakukan penilaian baik administrasi maupun di lapangan.

Joko Santoso menjelaskan bahwa aktivitas bermain sangat penting bagi anak diantaranya untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, kreativitas, sensorik dan motorik, kognitif, moral dan etika serta karakter anak. RBRA merupakan salah satu sarana bermain anak yang diharapkan dimiliki oleh setiap Daerah untuk mendorong terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) menuju Indonesia Layak Anak tahun 2030 dan Generasi Emas tahun 2045.

RBRA Taman Kota Kebun Pelem merupakan hasil kerja keras dari banyak pihak dan dikerjakan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan leader DP3AKBPM&D termasuk Dinas Kesehatan. Dinas Kesehatan harus memastikan RBRA harus aman dari potensi kecelakaan seperti terjatuh, tersandung, luka dan sebagainya. Demikian pula harus terhindar dari potensi menyebabkan penyakit seperti terbebas dari polusi dan asap rokok, penularan penyakit, sanitasi harus memenuhi persyaratan serta antisipasi jika ada bencana atau kejadian luar biasa (KLB). Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr. Dewi Irawaty, M. Kes turut menandatangani komitmen untuk secara berkesinambungan berkontribusi pada RBRA Taman Kota Kebun Pelem Wonosari. Beliau menyampaikan SELAMAT atas keberhasilan ini.

950total visits,16visits today