PETUGAS PEMERIKSA KESEHATAN HAJI HARUS QUALIFIED

Salah satu syarat seorang calon jama’ah haji (CJH) dapat diberangkatkan ke tanah suci Mekah adalah istitha’ah (mampu) dalam hal kesehatannya. Untuk menentukannya setiap calon jama’ah wajib diperiksa kesehatannya sejak masih di tanah air, di perjalanan, tanah suci sampai kembali ke daerah masing-masing. Petugas kesehatan yang ditunjuk baik di Puskesmas, Rumah sakit dan Dinas Kesehatan bertanggung jawab dalam penentuan istitha’ahnya seorang CJH. Untuk itu kapasitas dan keterampilan petugas pemeriksa kesehatan haji harus terus diupdate dan ditingkatkan sesuai perkembangan situasi yang ada.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pelatihan pemeriksaan kesehatan jama’ah haji bagi 31 orang pengelola program haji yang berasal dari Puskesmas, RSUD Wonosari dan Dinas Kesehatan. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari kerja dari tanggal 9 s.d 13 September 2019 di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bapelkes DIY, Dra. Henny Aprita Rahayuningsih, Msi, Apt didampingi Plt. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, drg. Niken Widyawati, MM. Dalam amanatnya Kepala Bapelkes menyampaikan pelatihan seperti sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi CJH. Demikian pula ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul atas kerja sama yang sudah dibangun dalam peningkatan kapasitas petugas.

Narasumber yang hadir berasal dari Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan DIY dan Kabupaten Gunungkidul serta narasumber terlatih. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M. Kes pada kesempatan itu menyampaikan kebijakan Pemerintah tentang penyelenggaraan kesehatan haji dan istitha’ah kesehatan haji sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 15 tahun 2016 dan Permenkes RI nomor 62 tahun 2016.

Di sela-sela acara pelatihan drg. Niken Widyawati, MM menyampaikan tujuan dari pelatihan ini adalah terlaksananya pemeriksaan dan pembinaan kesehatan CJH sesuai standar dalam upaya menuju istitha’ah kesehatan serta terjalinnya koordinasi yang baik antar institusi terkait. Selain itu pada pelatihan ini peserta juga dilatih melakukan entry data hasil pemeriksaan kesehatan CJH ke dalam Sistim Koordinasi Haji (Siskohat).

134total visits,1visits today