Hari ini Senin (13/06/2022) di ruang Nayottama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah ditandatangani perjanjian kerja sama antara Pemkab Gunungkidul dengan Fakultas Psikologi UGM tentang Rencana Kerja Penguatan Sistim Kesehatan Jiwa di Gunungkidul. Penandatanganan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Dra. Siwi Irianti, M.Si untuk Pemkab Gunungkidul dan Rahmat Hidayat, S.Psi, M.Sc, Ph.D. Dekan Fakultas Psikologi UGM.

Dalam sambutannya Siwi Irianti menyampaikan tentang kasus kesehatan jiwa terutama depresi yang cukup tinggi dan perlu penanganan yang serius, sementara tenaga psikolog dan psikiater sangat terbatas. “Dengan adanya kerja sama ini diharapkan akan dapat membantu masyarakat Gunungkidul meningkatkan status kesehatan jiwanya”, ujarnya.

Sementara Rahmat Hidayat menyampaikan di FP UGM ada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bagi mahasiswanya. “Mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu menjawab soal ujian dan memahami teori dalam buku tetapi harus bias memahami masalah di lapangan dan mencari solusinya untuk masyarakat”, ujarnya, sehingga kerja sama ini sangat penting.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M.Kes yang turut hadir pada acara tersebut sangat mendukung PKS ini. Saat ini di Puskesmas belum memiliki tenaga psikolog, padahal kasus gangguan jiwa cukup banyak. Psikolog sangat penting untuk meningkatkan derajat kesehatan jiwa masyarakat sehingga dapat mencegah gangguan menjadi berat bahkan bunuh diri. Disamping itu perlu adanya pendampingan psikolog terhadap kasus-kasus yang terkait masalah sosial yang dapat menjadi masalah kejiwaan.

Pada kesempatan itu PKS ditandatangani kedua belah pihak dan dilanjutkan tukar menukar cinderamata.