Kementerian Kesehatan RI telah meluncurkan aplikasi SIPGAR melalui workshop kepada berbagai elemen institusi dan kelompok kesehatan masyarakat pada tahun 2021. Untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani seseorang dengan sebuah aplikasi Pengukuran Kebugaran Jasmani Mandiri  bernama SIPGAR  yang dapat diakses langsung bagi pengguna smartphone Android dengan mengunduhnya melalui link playstore dibawah ini

Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport.

Rockport adalah saalah satu metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1600 meter. Rockport merupakan pengukuran kebugaran jantung paru yang merupakan salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang.

Pengukuran Kebugaran Mandiri menggunakan Aplikasi SIPGAR dapat digunakan untuk mengetahui IMT (Indeks Massa Tubuh), screening kesehatan sebelum melakukan pengukuran kebugaran jasmani, menampilkan  data serta grafik hasil pengukuran kebugaran,dan rekomendasi kebugaran dan latihan fisik/olahraga.

Kegiatan pengukuran kebugaran jasmani menggunakan aplikasi SIPGAR dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun, diawali dengan screening kesehatan pemanasan dilanjutkan dengan berlari atau berjalan kaki sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing secara konstan dengan jarak sekitar 1,6 km yang secara otomatis diukur dengan menggunakan GPS yang terhubung kepada aplikasi SIPGAR dari smartphone masing-masing.

Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di manapun dan kapanpun. Keberadaan aplikasi SIPGAR diharapkan seluruh pegawai ASN dan masyarakat luas lebih peduli terhadap kesehatan. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat adalah dengan rutin melakukan olahraga.

Dengan melakukan olahraga secara rutin akan  mendapatkan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, olahraga mampu mencetak  generasi sehat dan bugar.

Masyarakat dihimbau untuk rutin melakukan aktifitas fisik , berolah raga yang dianjurkan selama 30 menit per hari atau 10.000 langkah . Aktivitas fisik termasuk kegiatan GERMAS  yang terus digalakkan oleh pemerintah. Aplikasi SIPGAR hadir untuk mendukung aktivitas olahraga masyarakat.

Tutorial Penggunaan SIPGAR Melalui Android,

9 thoughts on “PENGUKURAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN SIPGAR”

Leave a Reply

Your email address will not be published.