Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul melalui Tim Satgas KTR Kabupaten sebagai OPD Pelaksana yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Tenaga Kerja, Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekertaris Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja bersama – sama melakukan pengawasan dan evaluasi implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pada tanggal 27 dan 28 Juli 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa obyek seperti pasar, tempat kerja ( kantor kapanewon, pabrik tas, sarung tangan, batu putih, penetasan telur ayam pedaging),tempat belajar mengajar/ pondok pesantren.

Sesuai dengan amanah peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul nomor 7 tahun 2015 bahwa OPD pelaksana melakukan pengawasan terhadap KTR dengan tujuan mengetahui ketaatan setiap orang terhadap ketentuan tentang KTR, ketaatan pimpinan atau penanggungjawab KTR terhadap ketentuan penyelenggaraan KTR.

Dalam kegiatan pengawasan ini Tim Satgas KTR Kabupaten melakukan koordinasi dengan pimpinan atau penanggungjawab KTR. Pimpinan atau penanggungjawab KTR wajib melakukan pengawasan terhadap setiap orang yang merokok di KTR yang menjadi wilayah kerjanya.

Dalam pelaksanaan pengawasan apabila pimpinan atau penanggungjawab KTR tidak melaksanakan pengawasan maka pimpinan atau penanggungjawan KTR akan dikenakan sanksi administratif oleh Bupati berupa, peringatan lisan dan atau peringatan tertulis.

Berikut adalah hasil pengawasan dan pengamatan oleh Tim Satgas KTR sebagai bahan laporan kepada Bupati selaku penanggungjawab pembinaan terhadap penyelenggaraan KTR.

6 thoughts on “Pengawasan dan Evaluasi Implementasi Kawasan Tanpa Rokok”

Leave a Reply

Your email address will not be published.