PENDAMPINGAN CALON JAMAAH HAJI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Ibadah haji ke tanah suci Mekah merupakan idaman setiap muslim. Setiap tahun Indonesia memberangkatkan ratusan ribu jamaah. Demikian pula Kabupaten Gunungkidul tahun 2019 ini memberangkatkan 237 orang calon jamaah hajireguler, 25 orang khusus, 3 orang Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yaitu dr. Nur Sufiatul Chairani, Pujianta S.Kep Ners dan Lugito dan 1 petugas Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD).

Salah satu syarat seseorang diperbolehkan berangkat ibadah haji adalah istithaah dalam hal kesehatannya. Untuk itu sebelum berangkat seorang calon jamaah harus mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan dimulai pemeriksaan kesehatan secara umumdan pemeriksaan penunjang antara lain EKG, Rontrgen, pemeriksaan darah lengkap, urin dan pp- tes untuk wanita usia subur. Pemeriksaaan tersebut dilakukan baik di Puskesmas wilayahnya maupun Rumah sakit Wonosari.Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dientry ke dalam sistim yaitu SISKOHATKES untuk kemudian ditentukan status kesehatannya. Rangkaian pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk melihat adanya risiko masalah kesehatan pada setiap calon jamaah serta menentukan kriteria istithaah. Selain itu Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul juga melakukan tes kebugaran pada calon jamaah untuk melihat kesiapan secara fisik, mental dan kebugarannya dalam menghadapi kegiatan di Mekah nanti. Selanjutnya setiap jamaah mendapatkan edukasi dan pendampingan serta pemantauan terkait kesehatannya sampai diberangkatkan. Dinas Kesehatan juga menyiapkan Tim Kesehatan yang mendampingi perjalanan calon jamah haji sampai ke Embarkasi Surakarta.

Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit Meningitis maka setiap jamaah juga wajib mendapatkan vaksinasi Meningitis. Disediakan pula imunisasi tambahan untuk pencegahan radang saluran pernapasan bagi yang berkenan.

Calon jamaah haji Gunungkidul diberangkatkan dalam 2 kali pemberangkatan yakni pada tanggal 12 Juli 2019  tergabung dalam kloter 22 SOC dan 4 Agustus 2019 dalam kloter 96 SOC. Wakil Bupati Gunungkidul  Dr. Drs. Immawan Wahyudi, MH pada saat melepas calon jamaah haji kloter 96 SOC berpesan agar para jamaah bisa menjaga kesehatannya sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan pulang ke tanah air dengan selamat dan menyandang gelar haji mabrur.

Tumiat, SKM

tumiattomy@yahoo.co.id

Petugas Surveilans Kabupaten

596total visits,1visits today