PENCANANGAN DI DESA NGEPOSARI BUKTI GERMAS MULAI MERAKYAT

Ngeposari salah satu desa yang berada di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, pada hari Sabtu 7 September 2019 yang lalu menyelenggarakan Pencanangan Gerakan Masyarakat hidup Sehat (Germas) tingkat Desa. Pembacaan dan penandatanganan komitmen dipimpin langsung oleh Kepala Desa Ngeposari diikuti oleh 19 Kepala Dusun dan masyarakat yang hadir. Ada 3 hal yang menjadi komitmen untuk dijalankan adalah pertama melakukan aktivitas fisik (olah raga) 30 menit setiap hari, kedua mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dan ketiga melakukan cek kesehatan secara berkala. Hadir menyaksikan saat itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Camat dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca) Kecamatan Semanu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan serta Kepala UPT Puskesmas Semanu I.

Kepala Desa Ngeposari, Ciptadi mengajak seluruh masyarakat Desa Ngeposari untuk membudayakan Germas dalam kehidupan sehari-hari agar masyarakat selalu sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Beliau menambahkan selain sehat fisik juga mental (jiwa) harus kuat, selalu optimis tidak mudah putus asa serta guyup rukun saling membantu.  Penyelenggaraan kegiatan ini murni inisiatif Pemerintah Desa dan pembiayaannya juga dari dana desa.

Untuk lebih memaknai Germas pada hari itu dilaksanakan pula senam dan jalan sehat bersama yang diikuti seluruh masyarakat desa Ngeposari yang startnya dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M.Kes. Kepala Dinas Kesehatan memberi apresiasi kepada Pemerintah Desa Ngeposari yang menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat ini. Germas dan gaya hidup sehat sudah menjadi kebutuhan diri, keluarga dan masyarakat yang harus terus digelorakan dengan harapan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Masyarakat menyambut kegiatan ini dengan sangat antusias dan meriah. Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize kepada peserta.

615total visits,1visits today