PEMERIKSAAN PENUNJANG CALON JAMAAH HAJI TAHUN 2020

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pembinaan kesehatan calon jamaah haji Tahun 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul dan RSUD Wonosari tanggal 14 -25 Oktober 2019 menjadwalkan pemeriksaan penunjang bagi calon jamaah haji Tahun 2020. Untuk persiapan pemeriksaan penunjang calon jamaah haji di harapkan puasa selama 8-10 jam sebelum dilakukan pemeriksaan (puasa mulai jam 10 malam) dan membawa KTP. Sedangkan untuk biaya pemeriksaan setiap calon jamaah haji sebesar Rp 602.500,00.

Pada saat rapat Evaluasi pemeriksaan kesehatan haji di Dinas Kesehatan pada tanggal 9 Oktober 2019, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi , drg. F. Niken Widyawati menyampaikan pesan kepada seluruh petugas haji puskesmas dan RSUD Wonosari untuk melaksanakan pelayanan dan pembinaan kesehatan jamaah haji mengacu kepada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jamaah haji. Sedangkan untuk alur pemeriksaan kesehatan, calon jamaah haji melakukan pemeriksaan penunjang di RSUD Wonosari dan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama dan kedua di puskesmas sesuai dengan domisili calon jamaah haji. Untuk pembinaan kesehatan calon jamaah haji, puskesmas bisa melaksanakan kegiatan pengukuran kebugaran, kunjungan rumah, edukasi diet makanan sehat danĀ  kegiatan fisik minimal 30 menit dalam sehari.

Sekretaris Dinas Kesehatan , Priyanta Madya Satmaka, SKM,M.Kes, menyampaikan pesan kepada programer haji di puskesmas dan rumah sakit untuk meningkatkan skrining dan pembinaan calon jamaah haji, harapannya calon jamaah haji tahun 2020 lebih siap dalam menunaikan ibadah haji khususnya untuk aspek kesehatannya.

 

166total visits,2visits today