LOMBA BALITA SEJAHTERA INDONESIA

Masa bayi dan balita merupakan masa yang paling menentukan dalam membangun manusia yang berkualitas, karena masa bayi dan balita merupakan masa yang paling kritis, terutama masa pertumbuhan dan perkebangan balita. Pemantauan dan  peran aktif seluruh anggota keluarga  merupakan salah satu unsur agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk meningkatkan peran aktif keluarga tersebut diperlukan upaya yang dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian orang tua dalam penerapan pola asuh secara menyeluruh dan keseimbangan.

Pada hari Kamis, 01 Agustus 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul  menggelar Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) Tingkat Kabupaten di Bangsal Sewokoprojo  Wonosari, Gunungkidul. Sebanyak 60 balita yang terdiri dari 30 katagori A kelompok umur 6-24 bulan dan 30 anak kategori B kelompok umur 25-59 bulan mengikuti lomba tersebut yang merupakan juara lomba balita sehat tingkat Puskesmas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Sudodo, MM, mewakili Bupati Gunungkidul, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul  dr. Dewi Irawaty, M.kes, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kartini, SKM. MM, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Gunungkidul (IBI) Budi Astuti S.Tr.Keb, dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg Ratno Hadiyatmoko.

Semua peserta harus melalui serangkaian tahapan penilaian dimulai dari status kesehatan umum, status imunisasi, status gizi, dan status psikologi.

Peserta terlihat antusias mengikuti tahap-tahap penilaian, baik anak-anak maupun ibunya. Disediakan berbagai hadiah menarik terutama untuk anak-anak.

Bupati Gunungkidul yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drg. Sudodo, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk membentuk generasi yang berkualitas dimasa yang akan datang harus dimulai sedini mungkin. LBSI yang dilakukan pada tahap ini sangat baik untuk merangsang masyarakat khususnya kaum Ibu untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anak .

Ada pun hasil lomba LBSI ini adalah sebagai berikut :

Kategori A kelompok umur 6-24 bulan

Juara I     Gilang Ramadhan anak dari bapak Triyono dan ibu Suparyani wakil dari Puskesmas Purwosari.

Juara II    Naura Alinka Hidayah anak dari bapak Triyonto dan ibu Susanti wakil dari Puskesmas Semin II.

Juara III  Alikha Nur Putriana anak dari bapak Karyana dan ibu Nurhayati wakil dari Puskesmas Patuk I.

Juara IV  Refa Nur Rizki Putri anak dari bapak Triyanto dan ibu Layli Alfiani wakil dari Puskesmas Ngawen II.

Juara V   Maria Felicia Christasela anak dari bapak Cyrillus Iwan Han Nugroho dan ibu Margareta wakil dari Ngawen I.

kategori B kelompok umur 25-59 bulan

Juara I     Akifa Naila anak dari bapak Marsono dan ibu Wiwi Febriza wakil dari Puskesmas Patuk II.

Juara II    Causa Faranisa anak dari bapak Roy Bowo dan ibu Ani Arningsih wakil dari Puskesmas Karangmojo I.

Juara III  Oktavia Nurjana anak dari bapak Marsudi dan ibu Sugini wakil dari Puskesmas Girisubo.

Juara IV  Bilqis Kiran anak dari bapak Sumardi dan ibu Tri Anisa wakil dari Puskesmas Wonosari I.

Juara V   Sarifa Oktania anak dari bapak Hermawan dan ibu Eka Setyari wakil dari Tanjungsari.

Selamat untuk para pemenang, salam sehat anak Indonesia….!

428total visits,1visits today