Dewasa ini laboratorium merupakan salah satu lingkungan yang paling dinamis dalam pelayanan kesehatan. Masyarakat medis memberikan dukungan kepada laboratorium untuk memperluas jangkauan pelayanan karena persaingan terutama sektor swasta yang semakin tajam pada era globalisasi saat ini. Dalam menghadapi persaingan tersebut, khususnya Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) secara terus menerus harus mengevaluasi dan memadukan teknologi yang berubah sangat cepat ke dalam kegiatan pelayanannya agar pelayanan tersebut bermutu.

Dalam mewujudkan pelayanan yang bermutu suatu Laboratorium harus memenuhi rangkaian  kegiatan  pengakuan formal berupa pemberian, pemeliharaan, perpanjangan, penundaan dan pencabutan akreditasi oleh lembaga   akreditasi.

Pada tahun 2022 ini Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Gunungkidul akan melaksanakan Akreditasi, salah satu persiapan  yang telah dilaksanakan dalam peningkatan pengetahuan dan kemampuan staf dan tim pendamping dengan diadakanya  Workshop Penguatan Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul di Hotel Royal Darmo Malioboro Yogyakarta pada tanggal 9-11 Juni 2022.

Adapaun narasumber yang terdiri Dr. dr. Sri Hartini, Sp.PK (K), MARS, Dr. dr. Ina S Timan, Sp.PK (K), MARS, dan Dr. dr. Wani Devita Gunardi, SpMK (K), yang  merupaka narasuber dari Pusat (Kementerian Kesehatan) menyampaikan mengenai Overview standar akreditasi Laboratorium Kesehatan, Penyusunan dokumen akreditasi Laboratorium Kesehatan, Manajemen resiko dan keselamatan pasien di Laboratorium Kesehatan, Biosafety dan biosecurity Laboratorium Kesehatan.

Pada Kesempatan itu dr. Dewi Irawaty M.Kes Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan “Untuk  memperoleh  status  akreditasi  suatu  laboratorium harus memperagakan bahwa mereka mengoperasikan  suatu  sistem  mutu  yang  secara  resmi  terdokumentasi  sesuai  dengan  persyaratan  lembaga akreditasi tersebut. Kunjungan assesmen akan dilakukan oleh surveyor yang akan memeriksa secara teliti seluruh aspek pengoperasian laboratorium. Pemeriksaan meliputi  prosedur  administrasi  dan  manajemen,  staf, pelatihan, peralatan kalibrasi dan pelayanan, prosedur pengukuran, ketertelusuran pengukuran, akomodasi   dan   lingkungan, sertifikat-sertifikat dan laporan yang dikeluarkan serta rekaman, sehingan dengan adanya kegiatan Workshop Penguatan Akreditasi ini Semua Tim pendamping dan Staf dapat mempersiapkan lebih matang lagi pelaksanaan akreditasi ini.