DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANJAR KALSEL KUNJUNGI GUNUNGKIDUL

Kemarin (10/10/2019) sejumlah 80 orang pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan melakukan Studi Pembelajaran di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Rombongan dipimpin Kepala Dinas Kesehatan, Ikhwansyah, M. Kes menyampaikan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk belajar tentang upaya pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM), pengelolaan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan akreditasi Puskesmas. Selain itu kondisi geografis dan sosial kemasyarakatan Gunungkidul hampir sama dengan Banjar. Kunjungan ke Gunungkidul ini juga bukan yang pertama kali dilaksanakan. Ketertarikan rombongan salah satunya adalah karena di tengah keterbatasan sumber daya, Gunungkidul banyak memperoleh apresiasi dan penghargaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M.Kes yang menerima rombongan didampingi Sekretaris dan pejabat struktural, menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan menjadi tujuan pembelajaran walaupun lebih tepat dikatakan tukar pengalaman. Dr. Dewi juga menjelaskan secara umum bahwa status semua puskesmas di Gunungkidul sudah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan terakreditasi, bahkan tahun 2019 ini 12 Puskesmas sudah Re-akreditasi.

Pada kesempatan itu pelaksanaan SPM, BOK dan Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Gunungkidul dipaparkan oleh Sekretaris, Priyanta Madya Satmaka, SKM, M.Kes dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr. Sumitro, M.Sc. Selanjutnya untuk melihat pelaksanaannya secara konkrit, tamu diajak mengunjungi ke 4 (empat ) Puskesmas yaitu Puskesmas Karangmojo 2, Puskesmas Ponjong 2, Puskesmas Tanjungsari dan Puskesmas Semanu 2.

Sebelum acara diakhiri, dilaksanakan tukar menukar cinderamata antara kedua Dinas Kesehatan dengan pesan kepada para tamu agar mengunjungi objek wisata yang sangat banyak dan menarik di wilayah Gunungkidul.

2057total visits,3visits today