DINAS KESEHATAN GUNUNGKIDUL SIAP MEMPERTAHANKAN PRESTASI GUNUNGKIDUL SEHAT SWASTI SABHA WISTARA

GUNUNGKIDUL MULAI BERBENAH MENGHADAPI VERIFIKASI KABUPATEN SEHAT TAHUN 2019

 Kabupaten/kota sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaran Kabupaten Sehat dilaksanakan berdasar pada Peraturan bersama Menteri Dalam egeri Nomor  34 tahun 2005 dan Menteri Kesehatan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005

Tim Pusat akan melakukan verifikasi Kabupaten  Sehat setiap 2 tahun dan hasil verifikasi Kabupaten Sehat dari Tim Pusat akan didapatkan suatu penghargaan untuk daerah kabupaten dengan nama “Swasti Sabha” yang terdiri dari tingkatan terendah sampai tertinggi meliputi  1). Swasti Sabha Padapa; 2). Swasti Sabha Wiwerda; 3). Swasti Sabha Wistara

Kabupaten Gunungkidul mulai dilakukan verifikasi Kabupaten Sehat sejak tahun 2009 dengan perolehan hasil Swasti Sabha Padapa kemudian tahun 2011 meningkat dengan perolehan hasil Swasti Sabha Wiwerda dan mulai tahun 2013 memperoleh hasil Swasti Sabha Wistara dan masih berlanjut pada hasil evaluasi/verifikasi pada tahun 2015 dan tahun 2017 dengan hasil tingkatan tertinggi yaitu Swasti Sabha Wistara. Pada tahun 2019 akan dilakukan verifikasi oleh Pusat dan tentu harapan untuk memperoleh Swasti Sabha Wistara harus diwujudkan yang tersaji dalam beberapa tatanan.

Terdapat9 tatanan Kabupaten Sehatyang dinilai:

  1. Kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum
  2. Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi
  3. Kawasan pertambangan sehat  *)
  4. Kawasan hutan sehat
  5. Kawasan industri dan perkantoran sehat
  6. Kawasan pariwisata sehat
  7. Ketahanan pangan dan gizi
  8. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri
  9. Kehidupan sosial yang sehat

Kawasan pertambangan dan kehutanan pada tahun 2019 ini bukan menjadi wewenang kabupaten sehingga verifikasi Kabupaten Sehat tahun 2019 hanya meliputi 7 tatanan.

Menghadapi verifikasi Kabupaten sehat tahun 2019 oleh Tim Pusat yang akan dilaksanakan pada sekitar Bulan Juni 2019, Kabupaten Gunungkidul mulai berbenah menyiapkan dokumen dan pertemuan Tim Pembina maupun pertemuan Forum Kabupaten Sehat beserta penyiapan lokasi unggulan untuk berbagai tatanan.

Langkah di awal tahun 2019 telah dimulai dengan pertemuan di tingkat Forum maupun Tim Pembina. Pertemuan Forum Kab. Sehat pada tahun 2019 diawali pada 9 Januari 2019 dengan pembahasan berkisar pada masalah indicator khusus pada 7 tatanan Kab. Sehat.

Pertemuan Tim Pembina Kab. Sehat dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2019 dengan mengundang OPD terkait di lingkungan Pemerintah Daerah beserta anggota Forum dan Tim Pembina Kab. Sehat serta Kepala Puskesmas dan Camat se-Gunungkidul.

Penguatan kelembagaan di tingkat kabupaten, kecamatan (Forum kecamatan sehat) dan desa (Desa Siaga) menjadi hal yang harus mendapat perhatian untuk mendukung kegiatan-kegiatan bias berlangsung juga dukungan sumberdaya yang lain sangat dibutuhkan. Menghadapi verifikasi tahun ini, selain pertemuan-pertemuan Tim Pembina dan Forum Kab. Sehat juga telah disiapkan dokumen-dokumen telusur kegiatan berdasar indikator yang telah ditentukan. Dokumen tersebut akan menjadi bahan verifikasi oleh Tim Verifikasi Propinsi maupun Pusat.

Tidak hanya dokumen yang harus dipersiapkan tetapi peninjauan lokasi/lapangan untuk kegiatan-kegiatan unggulan dari masing-masing tatanan juga telah terpilih beberapa lokasi unggulan sebagai lahan untuk tinjauan lapangan.

by Kartini Dinkes

editor Hadiyasa

183total visits,2visits today