DALAM RANGKA PEMBINAAN DINAS KESEHATAN KUNJUNGI FASILITASI PELAYANAN KESEHATAN SWASTA

Jumat, 13/09/2019 Wonosari, dalam 1 minggu terakhir ini, dilaksanakan beberapa agenda dari Dinas Kesehatan. Diantaranya adalah visitasi pada fasilitas kesehatan. Tujuan dari visitasi ini adalah dalam rangka verifikasi permohonan perpanjangan izin operasional Klinik. Izin Operasional Klinik Pratama Rawat Inap adalah izin operasional yang dikeluarkan pemerintah daerah untuk fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar baik umum maupun khusus baik yang dimiliki pemerintah,pemerintah daerah atau masyrakat dengan rawat inap.

Berdasarakan Peraturan Menteri Kesehatan  no 9 tahun 2014 masa berlaku izin operasional klinik adalah 5 tahun, dan di bulan September ini Dinas Kesehatan melakukan verifikasi lapangan pada Klinik Mitra dan Klinik Bhakti Husada. Dalam kunjungannya ini Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Abdul Aziz SKM,MPH menyatakan bahwa fasilitas kesehatan klinik harus memenuhi semua persyaratan dalam Permenkes 9 tahun 2014, memiliki kecukupan tenaga kesehatan sehingga mampu melayani masyarakat dengan optimal. Hal yang paling berat disampaikan oleh beliau adalah memulai dengan implementasi elemen penilaian akreditasi mengingat fasyankes klinik yang bekerja sama dengan BPJS harus terakreditasi oleh Komite Akreditasi FKTP.

kepala Seksi Kefarmasian  melakukan verifikasi pada semua unit layanan di Klinik Mitra Selang

Abdul Azis SKM,MPH,  melakukan wawancara dengan dr. Budi Prasetyo selaku Penanggung Jawab Klinik Bhakti Husada

Mugiyanto,SIP,MM  selaku Kepala Seksi Bina Tenaga dan Fasilitas Kesehatan dalam penyampaiannya di beberapa kesempatan “ kunjungan ini merupakan pra syarat yang wajib dilakukan oleh Dinas Kesehatan dalam memberikan rekomendasi pemberian izin Klinik, karena suatu bentuk pertanggung jawaban  pada masyarakat kesiapan dari fasilitas memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan sebagai upaya keterbukaan pada masyarakat dihimbau semua fasilitas kesehatan di lingkungan Kabupaten Gunungkidul untuk manampilkan jenis layanan yang diberikan beserta jadwal pelayanan.

Terpisah disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr. Dewi Irawaty, M.Kes, bahwa diharapkan para pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan untuk selalu mengupayakan tertib administrasi maupun tertib layanan. Jangan sampai Izin operasional sudah kadaluwarsa tetapi tidak melakukan permohonan perpanjangan Izin karena hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang. Diharapkan juga oleh beliau untuk selalui “greteh / peduli “ tentang perizinan tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas yang dipimpinnya, jangan sampai memperkerjakan tenaga kesehatan yang tidak memiliki izin dan kewenangan, imbuhnya. (tim_SDK)

198total visits,2visits today