WONOSARI – Hari Minggu pagi (27/06/2021) Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta melakukan kunjungan ke tujuh rumah sakit yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Dalam kunjungan tersebut Bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dewi Irawaty, M.Kes. Bupati mengatakan bahwa kunjungan kali ini untuk melihat seperti apa kesiapan rumah sakit menghadapi lonjakan kasus covid-19 yang cukup signifikan beberapa hari terakhir ini. RSUD Wonosari yang mendapat kesempatan kunjungan pertama, diterima oleh Direktur, dr. Heru Sulistyowati, Sp.A. Bupati mendapat beberapa informasi tentang kendala yang ada seperti keberadaan SDM yang kurang karena sebagian terkonfirmasi positif covid-19 dan menjalankan isolasi mandiri, oksigen yang terbatas dan sarana prasarana yang masih kurang seperti ventilator, dan lain-lain.

RSUD Wonosari dapat memproduksi oksigen konsentrat sendiri dengan alat oksigen generator. namun dengan meningkatnya jumlah pasien covid-19 kebutuhan menjadi bertambah sehingga perlu meningkatkan kapasitas produksi dengan melakukan upgrade generator tersebut. Sedangkan rumah sakit yang lain sangat tergantung dari produsen dan penyedia oksigen yang pasokannya terbatas.

Kunjungan selanjutnya ke RS Bethesda, RS Panti Rahayu, RS Pelita Husada, RSUD Saptosari, RS Nurrohmah dan RS PKU Muhammadiyah. Kendala yang dihadapi rumah sakit tersebut juga hampir sama seputar kekurangan SDM dan ketersediaan oksigen. Direktur RS Pelita Husada, dr. Santoso Aji, M.Kes menambahkan bahwa sampai saat ini klaim pembiayaan perawatan pasien covid-19 di rumah sakit tersebut belum ada yang dibayar oleh pemerintah. Hal ini juga cukup mengganggu cash flow bagi rumah sakit swasta, seperti yang dikeluhkan juga oleh Direktur RS Nurrohmah, dr. Retno masih memiliki piutang lebih dari 2 milyar rupiah.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M.Kes di sela-sela kunjungan mengatakan secara keseluruhan perawatan pasien covid-19 masih bisa berjalan meskipun fluktuatif terkadang tempat tidur penuh. Beberapa upaya yang harus kita siapkan adalah penambahan tempat tidur dengan konsekuansi adanya rekrutmen SDM ataupun relawan dan penyesuaian anggaran untuk memenuhi kebutuhan pelayanan.

Pada kunjungannya di setiap rumah sakit, Bupati memberikan apresiasi dan motivasi kepada para tenaga kesehatan untuk tetap semangat serta selalu menjaga kesehatan dan stamina agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

569 thoughts on “BUPATI GUNUNGKIDUL KUNJUNGI RUMAH SAKIT PASTIKAN KELANCARAN PELAYANAN PASIEN COVID-19”

Comments are closed.