BERSAMA KITA BISA Untuk Anak Indonesia Sehat dan Sejahtera

Sebuah kegiatan atau program dijalankan karena salah satu latar belakangnya adalah adanya permasalahan. Demikian juga mengenai kegiatan pelayanan kesehatan bagi anak.  Bahwa saat anak lahir sampai menginjak remaja banyak permasalahan yang terjadi, misalnya  bayi lahir dari ibu HBsAg positif, bayi dengan berat badan lahir rendah, anak dengan penyakit  infeksi , dan lain sebagainya. Sehingga pelayanan kesehatan bagi anak perlu melibatkan peran dari banyak sektor, baik internal di bidang kesehatan maupun ekternal dengan bidang lain .

Untuk mencapai keselarasan penyelenggaraan kegiatan dan juga mengoptimalkan peran dari masing-masing sektor, perlu dilakukan komunikasi dan koordinasi. Sebagai salah satu upaya mencapai tujuan mewujudkan perlindungan dan pemenuhan kesehatan pada anak, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pertemuan koordinasi integrasi program KIA dan program imunisasi pada tanggal 8 dan 13 Agustus 2019 di Aula Germas Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Pertemuan ini diikuti oleh  petugas imunisasi dan bidan koordinator KIA seluruh Puskesmas di Kabupaten Gunungkidul, dipandu oleh narasumber dari Dinas Kesehatan DIY.

Materi diskusi pada kesempatan tersebut meliputi pelaksanaan pelayanan kesehatan anak, imunisasi TT (Tetanus Toksoid) pada ibu hamil sebagai upaya perlindungan terhadap resiko tetanus bayi, dan  pelayanan kesehatan anak sekolah, termasuk pemberian imunisasi anak sekolah melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Upaya penyelarasan kegiatan juga dilakukan pada pencatatan dan pelaporan hasil, dimana  direncanakan mulai tahun 2019-2020 pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan pelayanan kesehatan anak terintegrasi melalui sistem pelaporan berbasis online. Sehingga data yang diinput program imunisasi maupun program KIA dapat terpadu dalam rekam jejak pelayanan yang dimliki oleh setiap anak maupun Ibu (data berbasis by name by addres). Dengan demikian anak yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai jadwal akan dapat diketahui dan dilakukan tindak lanjut untuk terjaminnya hak pemenuhan kesehatan bagi anak terutama di Kabupaten Gunungkidul.

Nita D

Sie Surveilans dan Imunisasi

1387total visits,1visits today