SEMARAK HARI GIZI NASIONAL DI GUNUNGKIDUL

Dalam rangka Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 yang bertepatan dengan tanggal 25 Januari 2019, DPC PERSAGI Gunungkidul mengadakan beberapa kegiatan yang bersifat preventif dan promotif ke masyarakat. Hari Gizi Nasional pada tahun 2019 ini mengambil tema “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” dengan sub-tema “Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif” dengan Slogan “Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang”.

Beberapa kegiatan yag diselenggarakan oleh DPC PERSAGI Gunungkidul adalah:

  • Permainan edukatif untuk siswa Sekolah Dasar
  • Pengukuran antropometri dan konseling gizi serta sosialisasi isi piringku kepada siswa SD
  • Sosialisasi gizi seimbang melalui “ISI PIRINGKU” dan “10 Pesan Gizi Seimbang” kepada orang tua siswa SD
  • Gerakan Makan Buah Bersama sebagai salah satu bentuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
  • Penyerahan media Konseling, Informasi dan Edukasi (KIE) seperti poster, media isi piringku, stiker Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan
  • alat ukur tinggi badan (microtoise) untuk bisa dimanfaatkan di SD (diserahkan ke SD Jaten, Kec. Tanjungsari).
  • Rangkaian kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama DPC PERSAGI Gunungkidul dengan SMA Negeri 2 Wonosari yang di pusatkan di salah satu sekolah dasar di wilayah UPT Puskesmas Tanjungsari  yaitu di SD Negeri Jaten, Ngestirejo, Tanjungsari.  Acara ini dihadiri oleh Kepala SMA 2 Wonosari Bapak Sumardi, M.Pd, beberapa siswa SMA 2 Wonosari dan anggota DPC PERSAGI Gunungkidul beserta  orang tua/wali siswa.

    Kegiatan seperti ini sebagai momentum dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran keluarga untuk Sadar Gizi dan berperilaku hidup sehat. Hal ini juga sangat mendukung keberhasilan upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Selain itu, diperlukan kepedulian dan komitmen dari berbagai pihak dalam membangun gizi bangsa.

    Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 2 Wonosari mengatakan bahwa kegiatan yang bekerja sama dengan DPC Persagi Gunungkidul ini telah berjalan beberapa tahun dan merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh SMA 2 Wonosari. Kepala SD Negeri Jaten Bapak Suraji, S.Pd. mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan yang dilakukan di sekolahnya.
    Ketua DPC Persagi Gunungkidul yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Arinto Hadi, M.Gz mengatakan bahwa “Kita perlu mengedukasi masyarakat terkait pola makan dengan gizi seimbang dan membiasakan untuk menerapkan pola hidup sehat dan penerapan pola makan gizi seimbang harus dimulai sejak usia dini.”

    Kesga Dinkes GK
    Hadiyasa
    Hari Gizi Nasional
    Berita

    147total visits,1visits today

    2 Comments

    1. Agung

      Selamat Hari Gizi Nasional ke-59 semoga Gizi Masyarakat semakin baik…..

      • Agung

        Semoga dengan moment peringatan HGN ke-59 ini bisa menekan angka stunting di Gunungkidul yang pada tahun 2018 ini angka stunting (hasil PSG tahun 2018 pada bulan Februari) adalah sekitar 18,5% atau sekitar 5930 dari 32.000 balita yang diperiksa (diukur TB dan Umur) di Gunungkidul mengalami stunting, sehingga generasi yang akan datang menjadi generasi yang sehat dan berprestasi.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *