PERSAMI ANGGOTA SAKA BAKTI HUSADA ( SBH ) DINAS KESEHATAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL “Membentuk Pemuda menjadi Agent of Change menuju Indonesia Sehat “

ismonoOleh : Ismono, S.Si.T, M.Kes*)

Dalam Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan disebutkan bahwa kesehatan merupakan hak bagi setiap rakyat, dan upaya untuk mewujudkan kesehatan tersebut harus dilaksanakan bersama-sama antara Pemerintah dengan rakyat. Sebagai upaya mewujudkan terciptanya derajat kesehatan masyarakat, serta keluarga kecil bahagia dan sejahtera, telah dilaksanakan berbagai macam keterpaduan program kesehatan antara pemerintah dengan masyarakat rakyat yang ditandai dengan tumbuhnya berbagai upaya kegiatan peningkatan derajat kesehatan bersama masyarakat, seperti Posyandu, gerakan kebersihan lingkungan, gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH), gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), gerakan Keluarga Sadar  Gizi (KADARZI ), serta kegiatan lainnya yang mengarah pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Upaya keterpaduan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat termasuk sekolah, salah satunya terwujud melalui kegiatan SBH yang berposisi di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan pembinaan SBH di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul (Kwarcab Gunungkidul) telah dilakukan revitalisasi mulai tahun 2013 dengan mengadakan penggalangan angggota SBH dan pembentukan Dewan Saka Bakti Husada (DSBH). Pada tahun 2014 telah diagendakan adanya temu anggota SBH dalam bentuk “Persami” yang dilaksanakan pada tanggal 19 – 20 April 2014 bertempat di Kompleks Dinkes Kab. Gunungkidul sebagai pangkalannya. Peserta terdiri dari 50 anggota dari 10 sekolah lanjutan atas di Kabupaten Gunungkidul yaitu dari SMKYAPPI Wonosari, SMKN 3 Wonosari, SMKN 1 Wonosari, SMKN 2 Wonosari, SMAN 1 Karangmojo, SMAN 1 Wonosari, SMAN 2 Wonosari, MAN Wonosari. Rangkaian kegiatan yang diagendakan meliputi : Upacara pembukaan, lomba cerdas tangkas, Ceramah kesakaan dan Krida SBH, Outbond, malam pentas seni, olah raga dan bakti sosial. Instruktur terdiri dari Kepala Seksi di lingkungan Dinkes Kab. Gunungkidul dibantu DSBH.

 sbh1  sbh2Upacara Pembukaan Temu Anggota SBH

Upacara pembukaan dilaksanakan di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dengan Pembina Upacara Wakil Pimpinan Saka Bakti Husada (Ismono,S.Si.T.M.Kes.) mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Upacara pembukaan dengan mengikuti tata upacara Pramuka terdiri dari pengucapan teks Pembukaan UUD 1945, Pancasila dan Dasa Dharma Pramuka, amanat pembina Upacara dilanjutkan penyematan tanda peserta dan ditutup dengan pembacaan do’a. Dalam pengarahannya Pimpinan SBH menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggalang kemitraan dalam rangka pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan terutama masayarakat sekolah. Para peserta diharapkan akan menjadi generasi penerus dewan saka SBH sebagaik motor penggerak kegiatan SBH di Kwarcab Kab Gunungkidul secara kontinu.

sbh3 Ceramah Krida Bina Obat sbh4 Peserta Sedang mengikuti ceramah Krida SBH
sbh5 Krida Penanggulangan Penyakit sbh6Krida Bina Kesehatan Keluarga

Kegiatan ceramah kesakaan meliputi Krida PHBS, Bina Kesga, Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Obat, Krida Bina Kesehatan Lingkungan dan materi kesakaan. Didalam ceramah tersebut dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

 sbh7  sbh8
 sbh9  sbh10

Kegiatan outbond bertujuan untuk menggalang kerjasama tim, pengetahuan tentang krida, ketrampilan krida dan refreshing bagi anggota SBH. Kegiatan outbond terdii dari 5 pos, meliputi Pos ketranmpilan krida yaitu ketrampilan memberikan penyuluhan kelompok dengan mater HIV AIDS, Kerpro dan PHBS, krida bina obat tentang pemahaman jenis obat di pasaran (obat: bebas, terbatas dan keras ), krida penanggulangan penyakit tentang ketrampilan  melaksanakan penanganan P3P serta kerja kelompok dan kekompakan tim.

Pada hari Minggu 20 April 2014 peserta diajak melakukan bakti sosial ke Padukuhan Piyaman II Desa Piyaman dalam bentuk membantu pembuatan jamban sehat bagi 3 warga kurang mampu, kebersihan lingkungan, pembagian tempat sampah dan pembuatan SPAL sederhana dengan dipandu dari isntruktur Saka bina Kesehatan lingkungan. Kegiatan  ini juga bekerja sama dengan Bank BDG Kabupaten Gunungkidul dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Berikut ini dokumentasi kegiatan bakti sosial :

 sbh11Kerja bakti merobohkan jamban cemplung  sbh12Membuat jamban sehat baru
sbh13Kerja bakti PSN di dusun Piyaman II bersama  warga sbh14Kerja bakti membuat jamban sehat di dusun Piyaman II bersama warga
Memberikan bantuan tempat sampah di Dusun Piyaman IIsbh15  sbh16 Kerja bakti membuat jamban sehat

Kegiatan ini akhiri dengan upacara penutupan dan pengumuman juara sebagai berikut :
1. Juara outbond  :
– Juara I                  : kelompok Vitamin C
– Juara II                 : kelompok Hiegienis
– Juara III                : kelompok Kutil
2. Juara Cerdas tangkas
– Juara I                  : SMAN 1 Wonosari  ( 1165 )
– Juara II                 : SMAN II Wonosari ( 990 )
– Juara III                : SMKN II Wonosari ( 975 )
– Juara Harapan I   : SMK YAPPI Wonosari ( 800 )
– Juara Harapan II  : SMKN I Wonosari ( 610 )

Kegiatan ini dibiayai dari sumber dana APBD di DPA Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul (DPA Seksi Promosi Kesehatan Program Pemberdayaan Masyarakat, kegiatan Pengembagan PHBS dan Klinik Sehat tahun  2014) untuk konsumsi, transport peserta, perlengkapan peerta (kaos dan tas) serta dana pendukung lainnya. Tindak lanjut kegiatan ini adalah untuk membentuk calon anggota dan pengurus DSBH dalam melaksanakan program pengembangan SBH tahun ini dan yang akan datang.

*) Penulis adalah Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Gunungkidul

<<< berita sebelumnya: capaian spm bidang kesehatan

Comments Closed

Comments are closed. You will not be able to post a comment in this post.