Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP)

Kedudukan PKP dalam Manajemen Puskesmas:

P1 : perencanaan ==> PTP/Perencanaan Tingkat Puskesmas
P2 : penggerakan dan pelaksanaan ==> Lokmin, Kegiatan Puskesmas, Pencatatan, Pengelolaan Keuangan dan sumber daya (termasuk SDM)
P3 : pengawasan, penilaian dan pengendalian ==> Laporan (Termasuk Profil), PKP

Kedudukan PKP dalam Sistem Pengelolaan Puskesmas:

  1. INPUT: 5M (Man, Money, Methode, Material’s, Machine) yaitu PTP
  2. PROSES: 5W+1H (Who, What, How, When, Why, Where) yaitu Lokmin, dll.
  3. OUTPUT: yaitu PKP dan Laporan

Kedudukan PKP dalam Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP):

  1. Input: Bahan Analisa dari Laporan, PKP, dan evaluasi Kegiatan sebelumnya
  2. Proses: Lokmin, Penetapan prioritas Masalah, Penetapan Penyebab Masalah, Pemecahan Masalah
  3. Output: RUK (Rencana USulan Kegiatan) dan RPK (Rencana Pelaksanaan Kegiatan)

 

Matriks Rencana Usulan Kegiatan (RUK)
No Upaya Kesehatan Esensial Kegiatan Tujuan Sasaran Target Kebutuhan Sumberdaya Indikator Keberhasi lan Sumber Pembia yaan
Dana Alat Tenaga
1 Promkes
2 Gizi Masy
3 KIA+ KB
4 P2M
5 Kesling

Dibuat: RUK Upaya Kesehatan Wajib, Upaya Kesehatan Pengembangan

Contoh Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Puskesmas … Tahun …
No Upaya Kesehatan Kegiatan Sasaran Target Volume Kegiatan Rincian Pelaksa naan Lokasi Pelaksa naan Tenaga Pelaksa na Jadwal Biaya
1 Promkes
2 Gizi Masy
3 KIA+ KB
4 P2M
5 Kesling

Form dan definisi operasional indikator PKP dapat didownload disini

Definisi Operasional PKP

variabel PKP renc 2015 finaldan revisi

 

Salam

1 Comment

  1. informasi yang sangat bagus,
    semoga sukses penilaiannya min..
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *