PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA PELAYANAN KESEHATAN FKTP dengan BPJS KESEHATAN

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT PERTAMA BAGI PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN ANTARA BPJS KESEHATAN CABANG YOGYAKARTA DENGAN PUSKESMAS SE-KABUPATEN GUNUNGKIDULTAHUN 2019

Puskesmas adalah pintu pertama atau gate keeper bagi pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Puskesmas dalam menjalankan perannya perlu menjalin kemitraan dengan BPJS Kesehatan selaku lembaga pelaksana penjaminan kesehatan bagimasyarakat. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Puskesmas dengan BPJS merupakan wujud komitmen puskesmas sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan tingkat pertama dan bagi BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara puskesmas dengan BPJS dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2019 di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan dan dilakukan oleh 30 (semua) puskesmas bersama BPJS Kesehatan.

Maksud perjanjian kerjasama ini adalah sebagai kesepakatan kedua belah pihak untuk melakukan kerjasama dalam penyediaan pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi peserta JKN-KIS. Adapun tujuan perjanjian yaitu untuk mengatur syarat dan ketentuan kerjasama dalam penyediaan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. Ruang lingkup perjanjian ini meliputi pemberian pelayanan kesehatan tingkat pertama berupa pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat non spesialistik (primer) meliputi pelayanan rawat jalan dan rawat inap.

Hal-hal lain yang diatur dalam perjanjian kerjasama ini antara lain hak dan kewajiban para pihak, informasi dan penanganan pengaduan peserta, jejaringfaskes, kadaluarsa klaim non kapitasi, kerahasiaan informasi, biaya dan tatacara pembayaran pelayanan kesehatan, jangka waktu perjanjian, monitoring dan evaluasi, pembinaan, pengawasan dan pengendalian, sanksi,pengakhiran perjanjian, keadaan memaksa (force majeure), penyelesaian perselisihan, pemberitahuan, dan lain-lain.

Harapannya dengan adanya perjanjian kerjasama ini maka pelayanan kesehatan di puskesmas dapat dijalankan dengan baik dan efektifitas pembiayaan pelayanan kesehatan dapat terwujud,  dengan tetap memperhatikan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.(Yankes, 14 Januari 2019)

65total visits,4visits today

1 Comment

  1. End

    Semoga mutu pelayanan kesehatan di puskesmas lebih baik dan mudah diakses oleh masyarakat