MANFAAT DAN BAHAYA FLOURIDE DALAM AIR MINUM


FLUORIDE
Fluoride adalah salah satu senyawa garam fluoride yang banyak tersedia di alam seperti sodium fluoride, calcium fluoride, ammonium fluoride, magnesium fluoride dan masih banyak lagi.
Flouride banyak ditambahkan pada pasta gigi. Berikut ini beberapa fungsi dari fluoride bagi kesehatan gigi:

Manfaat Flouride
Mineral pada gigi
Menurut Kompas Health, mineral pada fluoride berfungsi memberikan mineral pada gigi. Hal itulah yang membuat gigi menjadi kokoh, begitupun sebaliknya, tanpa mineral fluoride maka gigi akan menjadi rapuh atau mudah goyang.

Menghilangkan plak
Banyaknya mikroorganisme yang melekat pada gigi atau biasa dikenal dengan istilah plak pada gigi. Jelas bila hal ini diabaikan akan mengancam kesehatan gigi Anda. Penggunaan fluoride akan mencegah mikrooragnisme tersebut untuk tidak menempel pada gigi Anda.
Selagi fluoride masih dalam kandungan yang wajar di dalam pasta gigi, maka fluoride tersebut bermanfaat untuk gigi. Namun bila kandungan fluoride dalam pasta gigi berlebihan, justru akan membuat flurisis pada gigi.
Seperti dikutip Smallcrab bentuk flurisisi skala ringan adalah ditandai dengan munculnya noda-noda putih kecil pada gigi yang tidak terlalu tampak. Namun untuk flurisis yang cukup berat adalah bila sudah muncul noda coklat atau hitam pada gigi dan mengakibatkan gigi mudah untuk retak.

Bahaya Flouride
Setelah 22 tahun melakukan penelitian, Harvard University menemukan betapa bahayanya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang mengandung Floride atau Florida atau Flouride. Temuan terkini dari Harvard University itu menyatakan bahwa air minum dalam kemasan dengan Fluorida juga dapat mengurangi IQ anak-anak.
Air minum dapat pula mengandung fluoride alami atau mungkin fluoride yang memang ditambahkan sebagai bahan pelindung untuk gigi oleh perusahaan air minum. Namun, kehadirannya bukan tanpa kontroversi, karena di beberapa daerah, kadar fluoride alami dalam air mungkin sudah diatas ambang batas yang dianggap aman oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menunjukkan tingkat yang aman dari fluoride adalah 1,5 miligram per liter.
Air minum dalam kemasan dengan Fluorida yang saat ini juga terdapat dalam air kemasan di Indonesia seperti merk Aqua kepunyaan Danone, dan ternyata tidak hanya merk itu saja yang mengandung Zat Flourida.

Danone menggunakan Zidane sebagai idola untuk kampanye air minum dalam kemasan ini di Indonesia.
Dalam temuan itu juga membuktikan bahwa air dalam kemasan yang mengandung fluorida di berbagai negara yang mengonsumsinya (termasuk Indonesia) ditemukan fakta bahwa anak-anak yang tinggal di daerah air yang mengandung konsentrasi tinggi fluorida dan meminum air minum dalam kemasan dengan kandungan Flourida, salah satunya adalah “koefisien intelektualnya” yang sangat rendah.

Hadiyasa Jatmika
UPT Laboratorium Kesehatan GK
Artikel Kesehatan

505total visits,9visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *