Ijin Sarana Kesehatan

SELENGKAPNYA ADA DI KANTOR PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU (KPMPT) KAB. GUNUNGKIDUL

RUMAH SAKIT

Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE D
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE D BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 12 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Study Kelayakan
  3. Fotokopi akte pendirian badan hukum
  4. Fotokopi sertifikat tanah ataus surat penunjukan penggunaan lokasi tersebut atas nama pemohon atau akte notaris penggunaan tanah bangunan di atasnya dari pemilik
  5. Izin Lokasi
  6. Rekomendasi PERSI di Wilayah
  7. Surat Pernyataan dari Pemohon tunduk terhadap peraturan di Bidang Kesehatan
  8. Dokumen UKL / UPL( 1 – 7 ) ijin mendirikan
  9. Susunan organisasi Rumah Sakit
  10. Daftar ketenagaan medis , paramedis, dan non medis minimal tersedia dokter umum dan dokter gigi dan dokter spesialis dalam dan bedah
  11. Surat Ijin Praktek tenaga kesehatn sesuai jenis pelayanan
  12. Denah situasi, bangunan, jaringan listrik, air dam dan limbah
  13. Hasil pemeriksaan air minum
  14. Daftar inventaris alat medis, penunjang medis dan non medis
  15. Daftar tarif pelayanan
  16. Penganggkatan dokter sebagai penaggungjawab/ Pimpinan rumah sakit dengan dilengkapi SIP dari pemilik
  17. Fotokopi Izin Gangguan
  18. Izin Mendirikan Bangunan
  19. Tersedia bangunan rawat jalan dan gawat darurat , rawat inap minimal 50 tempat tidur, penunjang medik, penunjang sarana, administrasi,instalsi non medis, tempat parker dll yang memenuhi syarat
  20. Dokumen Upaya Kelola Lingkungan (UKL)
Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE C
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE C BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 14 hari Kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Study Kelayakan
  3. Fotokopi akte pendirian badan hukum
  4. Fotokopi sertifikat tanah ataus surat penunjukan penggunaan lokasi tersebut atas nama pemohon atau akte notaris penggunaan tanah bangunan di atasnya dari pemilik
  5. Izin Lokasi
  6. Rekomendasi PERSI di Wilayah
  7. Surat Pernyataan dari Pemohon tunduk terhadap peraturan di Bidang Kesehatan
  8. Dokumen UKL / UPL( 1 – 7 ) ijin mendirikan
  9. Susunan organisasi Rumah Sakit
  10. Daftar ketenagaan medis , paramedis, dan non medis minimal tersedia dokter umum dan dokter gigi dan dokter spesialis dalam dan bedah
  11. Surat Ijin Praktek tenaga kesehatn sesuai jenis pelayanan
  12. Denah situasi, bangunan, jaringan listrik, air dam dan limbah
  13. Hasil pemeriksaan air minum
  14. Daftar inventaris alat medis, penunjang medis dan non medis
  15. Daftar tarif pelayanan
  16. Penganggkatan dokter sebagai penaggungjawab/ Pimpinan rumah sakit dengan dilengkapi SIP dari pemilik
  17. Fotokopi Izin Gangguan
  18. Izin Mendirikan Bangunan
  19. Tersedia bangunan rawat jalan dan gawat darurat , rawat inap minimal 50 tempat tidur, penunjang medik, penunjang sarana, administrasi,instalsi non medis, tempat parker dll yang memenuhi syarat
  20. Dokumen Upaya Kelola Lingkungan (UKL)
Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE B
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE B BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 14 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Study Kelayakan
  3. Fotokopi akte pendirian badan hukum
  4. Fotokopi sertifikat tanah ataus surat penunjukan penggunaan lokasi tersebut atas nama pemohon atau akte notaris penggunaan tanah bangunan di atasnya dari pemilik
  5. Izin Lokasi
  6. Rekomendasi PERSI di Wilayah
  7. Surat Pernyataan dari Pemohon tunduk terhadap peraturan di Bidang Kesehatan
  8. Dokumen UKL / UPL( 1 – 7 ) ijin mendirikan
  9. Susunan organisasi Rumah Sakit
  10. Daftar ketenagaan medis , paramedis, dan non medis minimal tersedia dokter umum dan dokter gigi dan dokter spesialis dalam dan bedah
  11. Surat Ijin Praktek tenaga kesehatn sesuai jenis pelayanan
  12. Denah situasi, bangunan, jaringan listrik, air dam dan limbah
  13. Hasil pemeriksaan air minum
  14. Daftar inventaris alat medis, penunjang medis dan non medis
  15. Daftar tarif pelayanan
  16. Penganggkatan dokter sebagai penaggungjawab/ Pimpinan rumah sakit dengan dilengkapi SIP dari pemilik
  17. Fotokopi Izin Gangguan
  18. Izin Mendirikan Bangunan
  19. Tersedia bangunan rawat jalan dan gawat darurat , rawat inap minimal 50 tempat tidur, penunjang medik, penunjang sarana, administrasi,instalsi non medis, tempat parker dll yang memenuhi syarat
  20. Dokumen AMDAL
Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE A
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN RUMAH SAKIT TIPE A BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 14 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. Undang – Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Study Kelayakan
  3. Fotokopi akte pendirian badan hukum
  4. Fotokopi sertifikat tanah ataus surat penunjukan penggunaan lokasi tersebut atas nama pemohon atau akte notaris penggunaan tanah bangunan di atasnya dari pemilik
  5. Izin Lokasi
  6. Rekomendasi PERSI di Wilayah
  7. Surat Pernyataan dari Pemohon tunduk terhadap peraturan di Bidang Kesehatan
  8. Dokumen UKL / UPL( 1 – 7 ) ijin mendirikan
  9. Susunan organisasi Rumah Sakit
  10. Daftar ketenagaan medis , paramedis, dan non medis minimal tersedia dokter umum dan dokter gigi dan dokter spesialis dalam dan bedah
  11. Surat Ijin Praktek tenaga kesehatn sesuai jenis pelayanan
  12. Denah situasi, bangunan, jaringan listrik, air dam dan limbah
  13. Hasil pemeriksaan air minum
  14. Daftar inventaris alat medis, penunjang medis dan non medis
  15. Daftar tarif pelayanan
  16. Penganggkatan dokter sebagai penaggungjawab/ Pimpinan rumah sakit dengan dilengkapi SIP dari pemilik
  17. Fotokopi Izin Gangguan
  18. Izin Mendirikan Bangunan
  19. Tersedia bangunan rawat jalan dan gawat darurat , rawat inap minimal 50 tempat tidur, penunjang medik, penunjang sarana, administrasi,instalsi non medis, tempat parker dll yang memenuhi syarat
  20. Dokumen AMDAL

KLINIK

Jenis Izin : KLINIK RAWAT INAP MEDIK DASAR
Jenis Izin Permohonan : KLINIK RAWAT INAP MEDIK DASAR BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 12 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. Undang – Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 028/Menkes/Per/I/2011 Tentang Klinik
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Study Kelayakan
  3. Fotokopi akte pendirian badan hukum
  4. Fotokopi sertifikat tanah ataus surat penunjukan penggunaan lokasi tersebut atas nama pemohon atau akte notaris penggunaan tanah bangunan di atasnya dari pemilik
  5. Izin Lokasi
  6. Rekomendasi PERSI di Wilayah
  7. Surat Pernyataan dari Pemohon tunduk terhadap peraturan di Bidang Kesehatan
  8. Dokumen UKL / UPL( 1 – 7 ) ijin mendirikan
  9. Susunan Organisasi
  10. Daftar ketenagaan medis , paramedis, dan non medis minimal tersedia dokter umum dan dokter gigi dan dokter spesialis dalam dan bedah
  11. Surat Ijin Praktek tenaga kesehatn sesuai jenis pelayanan
  12. Denah situasi, bangunan, jaringan listrik, air dam dan limbah
  13. Hasil pemeriksaan air minum
  14. Daftar inventaris alat medis, penunjang medis dan non medis
  15. Daftar tarif pelayanan
  16. Penganggkatan dokter sebagai penaggungjawab/ Pimpinan rumah sakit dengan dilengkapi SIP dari pemilik
  17. Fotokopi Izin Gangguan
  18. Izin Mendirikan Bangunan
  19. Tersedia bangunan rawat jalan dan gawat darurat , rawat inap minimal 50 tempat tidur, penunjang medik, penunjang sarana, administrasi,instalsi non medis, tempat parker dll yang memenuhi syarat
  20. Dokumen Upaya Kelola Lingkungan (UKL)
  21. Surat pernyataan bahwa lokasi lebih dari 1 kilometer dari fasilitas pemerintah

LABORATORIUM KLINIK

Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN LABORATORIUM KLINIK
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN LABORATORIUM KLINIK BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 12 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 411 / Menkes /Per / III / 2010 Tentang Laboratorium Klinik
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Proposal
  3. Fotokopi akte pendirian badan hukum bagi yayasan
  4. Surat pengangkatan dokter sebagai penanggungjawab dari pemilik
  5. Fotokopi KTP Pemohon
  6. Fotokopi ijazah dokter, paramedis dan petugas administrasi
  7. Fotokopi surat ijin praktek sesuai jenis ketenagaan
  8. Rekomendasi puskesmas setempat
  9. Fotokopi hasil pemeriksaan air minum bagi pemanfaatan air selain dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  10. Fotokopi bukti kepemilikan / persetujuan pemilik atas penggunaan tanah dan atau bangunan
  11. Fotokopi Izin Gangguan
  12. Izin Mendirikan Bangunan
  13. Denah Lokasi
  14. Surat pernyataan kesanggupan masing – masing tenaga teknis
  15. Surat pernyataan kesediaan mengikuti program pemantapan mutu
  16. Data Kelengkapan peralatan
  17. Surat Pernyataan Pengelolaan Limbah

APOTIK

Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN APOTIK
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN APOTIK BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 10 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 1332/Menkes/SK/X/2002 tentang Perubahan atas peraturan Menteri kesehatan Nomor : 922/ Menkes/Per/X/1993 TentangKetentuan Dan Tata Cara Pemberian Izin Apotik.
  2. PP No 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Fotokopi Surat Izin Kerja Apoteker
  3. Fotokopi KTP
  4. Denah Lokasi dan bangunan
  5. Ijazah Apoteker
  6. Fotokopi Bukti Pemilikan / Persetujuan Pemilik atas penggunaan Tanah dan / atau Bangunan minimal 5 tahun
  7. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ), Apoteker Pengelola Apotek ( APA ) dan atau Pemilik Sarana Apotek ( PSA )
  8. Daftar Asisten Apoteker dengan mencantumkan nama, alamat, tanggal lulus dan nomor surat izin kerja (apabila ada)
  9. Akte Pendirian Badan Hukum bagi yayasan
  10. Akte Perjanjian Kerja sama Apoteker pengelola Apotik dengan pemilik sarana
  11. Asli dan salinan / Fotokopi surat izin atasan bagi pemohon pegawai negeri, anggota TNI / Polri dan pegawai instansi pemerintah lainnya
  12. Surat Pernyataan dari Apoteker bahwa yang bersangkutan tidak bekerja tetap pada perusahaan farmasi lain dan tidak mejadi APA di apotik lain
  13. Asli dan salinan / Fotokopi surat izin atasan bagi pemohon pegawai negeri, anggota TNI / Polri dan pegawai instansi pemerintah lainnya
  14. Surat Keterangan Sehat APA dari dokter pemerintah
  15. Fotokopi Izin Gangguan (HO)
  16. Izin Mendirikan Bangunan
  17. Fotokopi Ijin Tempat Usaha
  18. Fotokopi Ijin Tanda Daftar Perusahaan
  19. Surat pernyataan dari PSA tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang – undangan di bidang obat
  20. Surat Pemberitahuan kepada Kepala Puskesmas
  21. Fotokopi hasil pemeriksan kualitas air minum
  22. Rekomendasi dari organisasi Profesi Ikatan sarjana Farmasi Indonesia Wilayah terdekat
  23. Rancangan papan nama apotik,surat pesanan,copy resep
  24. Surat keterangan Sehat dari dokter yang mempunyai SIP
  25. Surat pernyataan pengelolaan limbah

TOKO OBAT

Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN TOKO OBAT
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN TOKO OBAT BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 10 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. KeputusanMenteriKesehatanNomor: 1331/Menkes/SK/X/2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri KesehatanNomor 167/Kab/B.VIII/1972 tentang Pedagang Eceran Obat.
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Proposal
  3. Proposal
  4. Fotokopi akte pendirian badan hukum bagi yayasan / badan
  5. Surat pengangkatan Asisten Apoteker sebagai penaggungjawab teknis
  6. Denah dan lokasi
  7. Daftar nama dan alamat Asiosten Apoteker
  8. Foto copi Ijazah, dan Surat Ijin Kerja Asisten Apoteker
  9. Surat Pernyataan kesediaan asisten apoteker sebagai penanggungjawab teknis
  10. Izin Mendirikan Bangunan
  11. Ijin Gangguan
  12. Rekomendasi puskesmas setempat
  13. Fotokopi bukti kepemilikan / persetujuan pemilik atas penggunaan tanah dan atau bangunan
  14. Daftar peralatan

OPTIK

Jenis Izin : IZIN PENDIRIAN OPTIK
Jenis Izin Permohonan : IZIN PENDIRIAN OPTIK BARU
Reg. Izin :
Lama Proses : 10 hari kerja
Dasar Hukum Izin :
  1. KeputusanMenteriKesehatanNomor 1424/Menkes/SK/XI/2002 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Optikal
Persyaratan
  1. Mengisi blanko permohonan
  2. Proposal
  3. Akte pendirian perusahaan , jika permohonan atas nama usaha dagang
  4. Fotokopi KTP Pemohon
  5. Surat pernyataan kesanggupan
  6. Surat pengangkatan refraksionis optisien ( RO ) sebagai penanggungjawab dari pemilik
  7. Surat Ijin Kerja RO
  8. Rekomendasi Profesi
  9. Rekomendasi GAPOPIN
  10. Susunan personalia
  11. Rekomendasi puskesmas setempat
  12. Fotokopi hasil pemeriksaan air minum bagi pemanfaatan air selain dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  13. Fotokopi bukti kepemilikan / persetujuan pemilik atas penggunaan tanah dan atau bangunan
  14. Fotokopi Izin Gangguan (HO)
  15. Izin Mendirikan Bangunan
  16. Denah lokasi dan Bangunan
  17. Daftar peralatan
  18. Denah Bangunan