Gallery KUNJUNGAN BUPATI DALAM RANGKA TILIK POSYANDU dan DEKLARASI STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (Stop BABs) DI DESA WARENG KECAMATAN WONOSARI GUNUNGKIDUL

 

ismono

 Oleh : Ismono, S.Si.T, M.Kes*)

Dalam Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan disebutkan bahwa kesehatan merupakan hak bagi setiap rakyat, dan upaya untuk mewujudkan kesehatan tersebut harus dilaksanakan bersama-sama antara Pemerintah dengan rakyat. Sebagai upaya mewujudkan terciptanya derajat kesehatan masyarakat, serta keluarga kecil bahagia dan sejahtera, telah dilaksanakan berbagai macam keterpaduan program kesehatan antara pemerintah dengan rakyat yang ditandai dengan tumbuhnya berbagai upaya kegiatan peningkatan derajat kesehatan bersama masyarakat, seperti Posyandu , Gerakan kebersihan lingkungan, Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Keluarga Sadar  Gizi (KADARZI ), serta kegiatan lainnya yang mengarah pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Upaya keterpaduan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat salah satunya terwujud melalui kegiatan Tilik Posyandu. Kegiatan Tilik Posyandu yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 16 Desember 2013 bertempat di Balai Desa Wareng, Desa Wareng, Kecamatan Wonosari sekaligus juga dilaksanakan kegiatan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarang ( Stop BABs ) dalam mendukung terciptanya 5 pilar Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ).

 

tilik yandu bup des 13Bupati Gunungkidul bersama kader Posyandu melaksanakann penimbangan Balita

Pada acara tilik Posyandu dihadiri oleh Bupati gunungkidul Hj Badingah S.Sos, bersama instansi terkait dari tingkat Kabupaten dan Kecamatan.Kegiatan tilik Posyandu tentunya akan memberikan semangat dan dukungan bagi para kader Posyandu dalam melaksanakan program dan kegiatan di Posyandu dan masyarakat sekitar.Pada kesempatan rangkaian kegiatan tilik Posyandu, Bupati Gunungkidul berkenan melaksanakan penimbangan Balita bersama ibu-ibu kader Posyandu di Padukuhan Wareng IV.

Dalam sambutannya Bupati Gunungkidul menyampaikan bahwa seiring dengan peningkatan derajat kesehatan maka di sisi lain masih ada masyarakat yang belum ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) seperti masih adanya kebiasaan merokok dan masalah jamban yang belum sehat. Pemberdayaan masyarakat memegang peranan penting dalam meningkatkan PHBS di masyarakat dan keluarga.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan deklarasi Stop BABs oleh warga masyarakat Desa Wareng yang dipimpin langsung ole Kepala Desa Wareng bersama semua kepala dusun se–Desa Wareng, tokoh masyarahat, ketua Karang Taruna, PKK desa dan disaksikan oleh Camat Wonosari dan  Bupati Gunungkidul. Deklarasi diakhiri dengan penandatanganan naskah komitmen deklarasi Stop BABs secara bersama-sama. Dengan adanya deklarasi Stop BABs diharapkan semua warga masyarakat di desa Wareng akan ikut mendukung tercapainya kondisi rumah sehat.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyerahkan bantuan secara simbolis untuk stimulan kesehatan lingkungan berupa closed (WC leher angsa) untuk mendukung terciptanya  Desa STBM di Desa Wareng. Hal ini dalam upaya mendukung pencapaian MDGs 7 yaitu akses sanitasi dasar yang layak terutama dalam program jamban sehat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang berperilaku buang air besar sembarangan atau tercipta Stop BABs bisa terwujud secara menyeluruh.  Selain itu juga diberikan bantuan stimulan makanan pendamping ASI (MP-ASI) bagi Balita di desa Wareng yang diterima oleh Koordinator Kader Posyandu Desa Wareng.

 

 tt bupati  penyerahan closet

*) Penulis adalah  Kepala seksi Promosi Kesehatan

    Dinas Kesehatan Gunungkidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *