Gunungkidul perlu membentuk Tim Keamanan Pangan

DINKES GUNUNGKIDUL BERSIAP MENGEMBAN AMANAT INPRES NO 3/2017 PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

Perlindungan kepada masyarakat dari penyalahgunaan obat dan bahan berbahaya dalam obat dan makanan merupakan amanat yang harus diemban oleh Pemerintah Daerah dan jajarannya. Hal ini sinergi dengan INPRES Nomor 03 tahun 2017 tentang peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan dan PERMENDAGRI Nomor 41 tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Daerah.

Gunungkidul saat ini focus dalam menjalankan Visinya sebagai tujuan pariwisata terkemuka, tentunya harus menyikapi dan mendukung serta memberikan peran nyata dalam hal pengamanan pangan dan obat serta bahan berbahaya. Dinas Kesehatans elaku dinas teknis bidang kesehatan harus mampu menangkap Visi dan Misi Bupati yang diterjemahkan dalam  program dan kegiatan nyata di masyarakat.

Selasa 15 Januari 2019 diselenggarakan rapat koordinasi keamanan pangan bertempat di ruang rapat Sekretariat Daerah Kab. Gunungkidul.  Hadir dari Dinas Kesehatan, Abdul Azis,SKM,MPH selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan menyampaikan perlunya tim yang dikoordinir oleh Sekertariat Daerah   untuk dapat melakukan pengamanan. Maraknya beredar bahan pangan berbahaya, olahan pangan yang tidak sehat menjadikan Tim ini dapat melakukan langkah antisipasi dalam mengamankan masyarakat dari bahaya kesehatan yang ditimbulkan serta aspek social lainnya.

Selain makanan, obat Antibiotik yang dijual oleh took peternakan (Petshop) menjadikan bahan pemikiran perlunya regulasi yang mengatur peredaran obat, sebab memungkinkan terjadinya penyalahgunaan pada manusia.

Jajanan siap saji serta olahan daging perlu mendapatkan perhatian juga dari Tim ini, harapannya TIM keamanan pangan melakukan monitoring ke sarana produksi dan penggilingan daging untuk memastikan kondisi dan kualitas daging yang digunakan demi keamanan konsumen.

Bidang Sarpras dan SDK Dinkes Gunungkidul
editor Hadiyasa

62total visits,1visits today

2 Comments

  1. hadi

    Jazakallah semoga pak Aziz diberikan kesehatan dalam mengemban amanat di Bidang SDK bersinergi dengan lintas sektor untuk keamanan pangan di wilayah Gunungkidul

    • Semoga keberkahan selalu di berikan utk pedagang yg jujur dan baik