GERMAS SEBAGAI SALAH SATU WUJUD REVOLUSI MENTAL


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi isu utama pembangunan kesehatan di Indonesia. Saat ini, Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden. Masalah tersebut muncul karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Belum tuntasnya penanganan penyakit infeksi, dengan meningkatnya PTM akan dapat menurunkan produktivitas sumber daya manusia, bahkan kualitas generasi bangsa. Hal ini berdampak pula pada besarnya beban pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat karena penanganan PTM membutuhkan biaya yang besar. Pada akhirnya, kesehatan akan sangat mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi di semua tingkatan lapisan masyarakat.

Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengajak, menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) sebagai upaya menuju terwujudnya Indonesia sehat. 6 pilar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.
Salah satu wujud Revolusi Mental dari GERMAS dalam mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, adalah mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, Mengonsumsi buah dan sayur; dan Memeriksakan kesehatan secara rutin.
Ayooo gelorakan GERMAS dengan aktivitas nyata.

Hadiyasa

260total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *